Kamis, 28 Oktober 2010

Menjaga Kebersihan Masjid

Masjid adalah rumah Allah yang dipakai oleh umat Islam untuk beribadah. Sudah selayaknya jika masjid senantiasa dijaga dan dipelihara kebersihan, keindahan, ketertiban dan kesuciannya. Dewasa ini sudah ada larangan untuk tidur didalam masjid. Hal ini antara lain untuk menjaga agar masjid tetap bersih. Maklum orang yang sedang terlelap tidur kadang tak terasa ada cairan keluar dari mulut maupun lubang-lubang yang lain yang dapat mengakibatkan lantai atau karpet menjadi berbau tak sedap dan dapat mengganggu kekhusukan sholat. Namun makan-makan dan tidur di masjid bagian luar bisa dimaklumi.

Saya pernah singgah di sebuah masjid. Ketika masuk ke toiletnya ternyata ada benda yang bentuknya misterius dan baunya merangsang sukma. Itu tentu kelalaian petugas yang tidak segera membersihkan kotoran yang ditinggalkan oleh pengunjung masjid yang tidak bertanggung jawab. Ada kemungkinan karena air tidak tersedia secara memadai.

Pendek kata, petugas penjaga dan pemelihara masjid agar rajin-rajin membersihkan masjid dan sekitarnya sehingga masjid senantiasa dalam keadaan bersih.

Mari kita simak hadits berikut ini.
‘Aisyah r.a menyatakan : ” Rosulullah s.a.w pernah menyuruh mendirikan masjid di kampung. Juga menyuruh supaya membersihkannya dan memberikannya harum-haruman” (HR. Imam yang Lima, kecuali Nasa’i )

Semoga kita diberi kemampuan dan kemauan untuk ikut serta memelihara masjid atau mushola tempat kita beribadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar